Gerakan dakwah yang dilakukan oleh para dai pada saat ini
secara kuantitas mengalami peningkatan. Secara kasat mata dapat
dilihat bahwa para dai melakukan dakwahnya dengan berbagai media seperti televisi, radio, koran, majalah, telepon genggam dan internet.
Dengan penggunaan media yang semakin banyak, dakwah yang
dilakukan para dai telah menambah keilmuan agama dari para dai serta berimplikasi positif pada peningkatan pemahaman keagamaan
yang semakin komprehensif.
Hal ini tentunya diharapkan dapat
berbanding lurus dengan peningkatan produktivitas umat. Untuk
mewujudkan itu perlu ada langkah dakwah lanjutan yang memotivasi
dan mengembangkan dai pada tingkat yang lebih mapan baik dari
segi keilmuan agama maupun sektor ekonominya. Sehingga melahirkan
keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan rohani dan jasmani.
Oleh karena itu gerakan dakwah dengan model pemberdayaan
ekonomi merupakan salah satu terobosan, agar umat tidak hanya kenyang oleh makanan rohani saja tapi juga secara jasmani.
Hal ini
merupakan upaya para dai untuk meningkatkan kesejahteraan umat
dengan program ekonomi yang berbasis Islam. Dengan demikian,
tampak jelas bahwa dakwah dalam bidang ekonomi merupakan suatu
keniscayaan pada era ini. Sehingga setiap dai dapat menjadi berdaya,
dengan tujuan akhir menjadi masyarakat yang sejahtera.
Prof. DR. H. Muhamad, M.Ag / Phone: 08112636317 / Email: hasanahjariyah@gmail.com